HEADLINE NEWS

Bumi Rumah Kita Bersama (12)


 
    P    Saudara-saudari, alam kita menderita, bumi, ibu pertiwi meratapi kehancurannya akibat kerakusan dan kecongkakan kita. Tentang itu Santo Paulus mengingatkan kita semua: “Sebab kita tahu sampai sekarang bahwa segala makhluk sama-sama mengeluh dan sama-sama merasa sakit bersalin” (Rm 8:22). Menyadari dosa dan kesalahan kita pada alam, maka marilah kita berseru: kami terus menggunakan dan bergantung pada bahan energi tak terbarukan. Banyak dari kami yang lebih suka menggunakan kendaraan sendiri dari pada angkutan umum. Kami malah terus  menambah dan bukannya mengurangi sisa-sisa karbon.

U   Kyrie, Kyrie eleison, Kyrie, Kyrie eleison.

Kami terus memanfaatkan air sebagai komoditi sementara dua per tiga dari penduduk bumi hidup menderita kekurangan air.

U    Kyrie, Kyrie eleison, Kyrie, Kyrie eleison.

P   Kami merusak hutan dan secara semberono memanfaatkan sumber-sumber alam lainnya.

U   Kyrie, Kyrie eleison, Kyrie, Kyrie eleison.

P  Hutan tropis dan terumbu karang sekarang terancam punah akhibat perbuatan manusia, padahal keduanya adalah sumber hidup, makanan dan kesehatan bagi manusia.

Christe, Christe eleison, Christe, Christe eleison.

P  Kami menyebabkan terjadinya pemanasan global sehingga es kutub berkurang dan mencairmenyebabkan terancamnyabanyak makhluk hidup. Banjir dan kekeringan menyebabkan persediaan makanan bagi jutaan orang terancam.

Christe, Christe eleison, Christe, Christe eleison.

Kami menyebabkan meningkatknya pemanasan global, sehingga permukaan dan suhu laut meningkat, yang mengakhibatkan banyak pulau dan penduduknya terancam.

U    Kyrie, Kyrie eleison, Kyrie, Kyrie eleison.

P    Kami tidak mengubah cara hidup kami dan tidak cukup memperhatikan atau menerima para migran dan pengungsi akhibat kekeringan, banjir atau kelaparan.

U    Kyrie, Kyrie eleison, Kyrie, Kyrie eleison.

U  Allah yang Mahamurah, Engkau mengajak kami agar solider dalam doa dan kegiatan dengan sesama kami yang mengalami dampak perubahan iklim. Kami menyadari bahwa bumi ini hanya dapat menjadi rumah kami bersama jika kami belajar menghormati dan memperhatikan kesatuan seluruh makhluk hidup sebagai komunitas hidup dan memahami dengan sikap rendah hati tempat kami dalam keseluruhan citpaan; sehingga kami dapat melakukan sesuatu untuk melindungi dan memulihkan keutuhan ciptaan dan bekerja demi pembangunan yang berkelanjutan demi kebaikan seluruhnya. Demi Kristus, Tuhan kami. Amin.

[Keterangan: P = Pemimpin; U = Umat]

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *