HEADLINE NEWS

Pujian Bagi Hutan (16)




P  Saudari-saudara terkasih, Nabi Yesaya memberikan kepada kita gambaran akan suasana damai mesianis. Tidak akan ada permusuhan di antara makhluk-makhluk maupun antara manusia dengan makhluk lainnya. Bahkan tidak akan ada manusia yang berbuat jahat atau berlaku busuk. (Yes 11:6-9). Kedamaian dan keharmonisan hidup adalah dambaan kita semua. Kita dipanggil sebagai umat manusia memikirkan cara terbaik untuk menciptakan kedamaian mesianis di tempat kita masing-masing.

(Tobat Kosmis - Hening sejenak)

  Iman akan Allah, Pencipta alam semesta, Allah yang baik dan akan selalu baik untuk semua ciptaan, mengundang kita untuk mengakui tanggungjawab kita atas luka-luka yang telah dibebankan pada hutan-hutan, atas penyalahgunaan pemakaian air dan atas akhibat-akhibat dari tindakan-tindakan yang tidak bertanggungjawab terhadap mereka yang paling mudah terluka. Tuhan kasihanilah kami.

U   Tuhan kasihanilah kami

 Dengan suara nyaring hutan-hutan kita menyerukan keremukredaman duka laranya kepada langit: “Akulah hutan yang sedang dibabat. Akulah sungai dan udara yang sedang dicemari.” Tetapi aku, manusia, aku lupa dan enggan mengakui bahwa akulah orang yang membabat hutan dan mengotori sungai dan udara. Kristus kasihanilah kami.

U   Kristus kasihanilah kami.

 Kepada ibu bumi, hutan-hutan kita pun meratapi kematian dirinya sebagai urat nadi dan paru-paru kehidupan segenap makhluk, dan tangisannya menggema sampai ke kedalaman rahim pertiwi. Tetapi aku, manusia, aku tak melihat diriku dalam ketergantungan dengan semua jenis hewan dan tanaman, serentak dengan sertamerta meremehkan hubungan timbal-balik setiap makhluk dalam ekosistem bumi. Tuhan kasihanilah kami.

U    Tuhan kasihanilah kami.

U   Ya Allah, kami berkumpul atas nama-Mu untuk menyembah di altar-Mu yang kami sebut bumi, sebuah planet yang dipenuhi dengan kehadiran-Mu, di hutan-hutan sejuk dan dingin, di tanah bergetar, di hutan belantara berdenyut, di sungai-sungai berkilau-kilauan. Allah, perlihatkanlah dirimu kepada kami; dan dalam seluruh ciptaan, tunjukkanlah wajah-Mu. Engkaulah Tuhan, Pencipta dan Pemelihara, yang memerintah bersama Putera dan Roh Kudus, sepanjang segala masa. Amin.

[Keterangan: P = Pemimpin; U = Umat]

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *