HEADLINE NEWS

Keadilan Ekologis (19)




 
P         Allah Pencipta senantiasa memaklumkan firman-Nya melalui kebijaksanaan dari alam. Allah Pencipta telah memberikan alam yang begitu luas, mendalam dan penuh misteri. Kita melihat keajaiban-keajaiban alam sekaligus mengagumi keajabaiban Tuhan di dalam alamini. Dahulu nenek moyang kita mengajarkan bahwa semua unsur dalam alam menjadi cerminan dari yang ilahi.Kita segan kepada alam bahkan kita takut dan takjub seperti kita takut dan takjub kepada Tuhan. Kita melihat kebesaran Tuhan di alam yang adalah hasil karya-Nya. Apakah Sabda Allah sama dengan sabda alam? Tentu saja tidak! Alam adalah ciptaan, namun alam adalah ciptaan yang baik dari Tuhan yang baik. Sekalipun alam tidak ilahi, kita dapat belajar kebaikan dan kemurahan Tuhan dari alam. Kalau Tuhan setia memelihara alam ciptaan, mengapa manusia merusaknya?

(Tobat kosmis – Hening sejenak)

P          Ya Allah, seringkali kami hidup tidak bertanggungjawab menjaga langit dan bumi yang telah Engkau berikan kepada kami secara cuma-cuma. Kami telah berdosa terhadap Engkau dan terhadap langit dan bumi. Tuhan kasihanilah kami.
U          Tuhan kasihanilah kami.

P          Ya Allah, seringkali kami masa bodoh dan tidak peduli terhadap hidup sesama kami terutama mereka yang kecil, miskin dan tertindas. Kami telah berdosa terhadap Engkau dan terhadap sesama.Kristus kasihanilah kami.
U          Kristus kasihanilah kami.

P          Ya Allah, seringkali kami hidup menyimpang dari hidup Yesus Kristus Putera-Mu, dan tidak sejalan dengan spiritualitas panggilan kekristenan kami. Kami malahan berseteru dan berpaling dari Roh-Mu dan mengikuti hasrat jiwa kami. Tuhan kasihanilah kami.
U          Tuhan kasihanilah kami.

U          Ya Allah Tritunggal Mahakudus, kami memujimu karena Engkau telah menciptakan langit dan bumi yang indah.Semoga Engkau selalu menyertai dan mencerahi pikiran dan hati kami, agar senantiasa mencintai Engkau, menjaga bumi ini, penduli dan terlibat dalam hidup banyak orang dan membawa semua orang dan segala ciptaan menuju Engkau.Demi Kristus Tuhan dan Pengantara kami, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dan Roh Kudus, kini dan sepanjang segala masa. Amin.

[Keterangan: P = Pemimpin; U = Umat]


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *