HEADLINE NEWS

Keutuhan Ciptaan (10)








P: Saudara-saudari, kita memiliki sumber    daya-sumber daya dan membangun    jaringan dan cara-cara untuk                mengkomunikasikan pesan dan memberikan peringatan akan ancaman terhadap kehidupan ini. Melalui spiritualitas dan karisma-karisma kita, kita memiliki komitmen bagi rekonsiliasi dan pemulihan keseimbangan. Maka, marilah kita memohon belaskasih dan kerahiman dari Allah. Bapa, ampunilah kami karena kami tidak tahu apa yang  kami perbuat.

U   Kami anak-anak-Mu, memohon kepada-Mu, bebaskanlah kami dari diri kami sendiri dengan segala hasrat dan  keinginan yang tak teratur, yang membuat kami menyimpang jauh dari pada-Mu. Biarlah kami memuji dan mengagungkan pujian bagi-Mu selama-lamanya.

P Bapa, Pencipta segala sesuatu, nyanyian pujian bagi ciptaan, kini menjadi jeritan dan rintihan bumi serta makhluk  ciptaan-Mu. Seperti Adam dan Hawa di Taman Eden kami telah bersalah kepada-Mu dan kepada ciptaan-Mu. Kami  malu pada-Mu, kendati Engkau datang mencari kami. Bapa berilah kami pengampunan. Perdamaikanlah kami kembali dengan Dikau dan dengan segenap ciptaan-Mu. Kami telah  bersalah, ya Bapa, karena kami mengangkat diri kami sebagai tuan dan pusat segala ciptaan-Mu. Kami telah menyingkirkan Engkau pusat segala-galanya.

U  Bapa, ampunilah kami karena kami tidak tahu apa yang kami perbuat.

P Ya Bapa Pencipta, kami manusia menghancurkan ciptaan-Mu hanya dalam hitungan tahun. Karya agung-Mu yang Kauciptakan dan Kaupelihara berabad-abad kami kuras dan hancurkan karena ketamakan kami. Kami mempersiapkan kehancuran kami sendiri.

U  Bapa, ampunilah kami karena kami tidak tahu apa yang kami perbuat.

P Bapa, kami tahu bahwa Engkau menumbuhkan dan menghidupkan segala sesuatu yang mati, sebaliknya kami menghancurkan dan mematikan segala makhluk hidup ciptaan-Mu.

U  Bapa, ampunilah kami karena kami tidak tahu apa yang kami perbuat.

P  Bapa, kami hidup dalam dunia kami masing-masing, tertutup dalam egoisme pribadi dan kelompok. Bukalah dan robohkanlah tembok pemisah di antara kami dan antara manusia dengan ciptaan-Mu, agar seperti hamba-Mu  St. Fransiskus Assisi kami dapat memadahkan keagungan-Mu bersama seluruh makhluk ciptaan-Mu.

U  Bapa, ampunilah kami karena kami tidak tahu apa yang kami perbuat.

P  Saudara-saudari kami, segala pepohonan, samudera luas, air, udara dan tanah, burung-burung di udara, sekalian hewan di bumi, di dalam air dan lautan, ampunilah kami karena kami bersalah kepada kalian, perdamaikanlah kami dengan kalian agar bersama-sama kita menata kembali dunia baru, bumi dan langit baru dalam kasih Sang Pencipta, awal dan akhir.

U  Kami semua, anak-anak manusia, adalah saudara-saudari segenap makhluk ciptaan-Mu. Bebaskanlah kami dari diri kami sendiri agar kami kembali menemukan diri sebagai bagian dari seluruh makhluk ciptaan-Mu, sehingga bersama segenap makhluk ciptaan-Mu kami dapat berseru meluhurkan kemuliaan-Mu. Ya Allah Pencipta, Pemelihara dan Penebus kami. Karena cinta dan kebaikan-Mu yang meluap-luap, Engkau telah menciptakan dunia dan terus memeliharanya demi kami anak-anak-Mu. Sebagai anak kesayangan-Mu, seringkali kami tidak menjaga dan menyayangi ciptaan-Mu yang lain. Dengan berlaku sombong dan cinta diri, kami merusak bahkan merampas hak milik-Mu demi kesenangan kami dengan menghancurkan alam ciptaan-Mu.Terangilah hati dan pikiran kami, tobatkanlah dan baruilah diri kami agar semakin mencintai dan memelihara ciptaan-Mu sebagai saudara-saudari. Demi Kristus Tuhan dan Penebus kami, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persekutuan Roh Kudus, kini dan sepanjang masa. Amin.

[Keterangan: P = Pemimpin; U = Umat]!

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *