HEADLINE NEWS

Tiga Jalan Kesalehan Menuju Harmoni Kosmis

Animasi dan konservasi hutan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 05 Juni 2019. Tampak Tim Ekopastoral Fransiskan bersama Orang Muda Katolik. Lokasi: Golowaso, Pagal, Cibal.

Ya, tiga jalan kesalehan ini tentunya tidak sekadar dimiliki tetapi sekaligus dijalankan. Pertama, Kesalehan RELIGIUS. Kedua, Kesalehan SOSIAL. Ketiga, Kesalehan EKOLOGIS.

Tatkala tiga jalan kesalehan ini dijalankan, maka keselamatan, meski bersifat eskatologis (akhirat) sudah dapat dirasakan di sini, di atas bumi. Jika tidak demikian, maka harapan akan keselamatan eskatologis tidak memiliki akarnya yang kokoh di atas bumi dan di bawah bumi.

Dan bahwa memang begitulah seharusnya ketiga jalan ini ditempuh. Sambil berjalan, sesekali kita pandangi keutamaan Saudara Pohon. Pohon hanya bisa melangit kalau akarnya menyusup ke dalam tanah, dari atas bumi ke bawa bumi. Keselamatan itu dapat melangit bila akarnya merambah di bumi. Karenanya, keselamatan itu, sesungguhnya adalah sebuah perjalanan yang dimulai di bumi dan berpuncak di langit <Surga>. Surga tanpa bumi sama saja dengan garis finish tanpa start. Menyembah Tahkta SANG MAHA di langit tapi abai merawat Jejak SANG MAHA di bumi laksana layang-layang tanpa tali.

 #Salam_Persaudaraan_Semesta#

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *