HEADLINE NEWS

Tuan Petani, Pahlawan Pangan

Sukacita petani dalam perayaan syukur sedekah bumi. Tampak Bruder Latief, Ofm bersama para staf Ekopastoral Fransiskan serta sahabat-sahabat petani saat usai menggelar ibadat syukur sedekah bumi, 11 Juni 2019. Tempat: Lahan Basah milik Ekopastoral Fransiskan, area budidaya tanaman pangan (padi) secara organik.

RENUNGAN SYUKUR SEDEKAH BUMI. Dengan sabit yang terkepal di tanganmu, berjalanlah di depanku sambil menyabit dan memangkas rasa takut dan malu dalam hati serta pikiran kebanyakan kaum millenial untuk menjadi Petani; serentak  beranikanlah setiap hati dan pikiran agar tidak takut dan malu memilih PETANI sebagai sebuah profesi dan cara hidup.

Di sampingmu,  aku mendambakan kebersamaan yang semakin solid dan kuat untuk berjalan menjangkau setiap huma ladang yang semakin banyak diabaikan dan nyaris ditinggalkan, agar setiap lutut bertelut dan setiap lidah mengakui bahwa Engkaulah PAHLAWAN PANGAN! Bahkan hadirmu turun- temurun didambakan oleh setiap raga yang jelas-jelas makan supaya hidup.

Dan sejenak aku duduk di belakangmu, tidak bermaksud menontonmu dari kejauhan tetapi mencoba untuk membaca sedikit kisah sejarah perjunganmu yang masih terkenang, lalu melukis sedikit jejak peradaban pertanian dan kepetanian-mu yang masih membekas, kemudian menorehkan sedikit keutamaan hidupmu yang senantiasa menghidupkan raga-raga yang lapar agar tetap dan terus dikisahkan, dan akhirnya bangun mengikuti jejak-jejakmu menuju huma ladang untuk memungut rezeki hidup dalam dan melalui kerja tangan setiap raga dengan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan semesta.
Ibadat Syukur Sedekah Bumi yang dipimpin oleh Bruder Latief, OFM.

#Salam_Takjub_Pahlawan_Pangan#

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *