HEADLINE NEWS

Berceritera Tentang Semesta Pertanian Bersama Mahasiswa Faperta UNDANA Kupang Yang Magang Di Ekopastoral Fransiskan


Lama sebelum manusia tersesat di rimba perenungan gejala kehidupan, yang pepohonannya mencabang tidak terhitung, dia lebih dahulu menghadapi sebuah fakta. Hanya dengan berpeluh menggarap bumi dia dapat hidup. Dia mengamati gejala pasang surut air di bumi, bintang, bulan dan matahari bergeser, serta musim berganti. Dari membaca alam demi sekadar bisa mencari makan, dia terperosok ke dalam onggokan fakta yang tidak bisa lain kecuali disederhanakan demi menemukan kesamaan dan hubungan. Peluhnya berkurang karena pengetahuan membuat langit dan bumi lebih dapat diramalkan. Demikian nukilan Sdr. Andre Bisa, Ofm (Pimpinan Ekopastoral Fransiskan Pagal) saat menyambut kedatangan para peserta magang dari Fakultas Pertanian UNDANA Kupang Jurusan Agribisnis.
"Para petani atau calon petani harus bekerja demi menopang hidupnya tetapi kerja yang didasari oleh spirit persaudaraan semesta. Karena itu, semua kegiatan yang dijalankan di Ekopastoral bertujuan untuk merawat keutuhan ciptaan".
Peserta magang bersama dosen pembimbing mengabadikan moment kedatangan di kompleks Ekopastoral Fransiskan.

Sebagaimana dalam tradisi tahunan yang terjadi di Ekopastoral Fransiskan yakni pendampingan Magang, PKL atau Prakerin bagi SMK maupun Mahasiswa jurusan agribisnis, kali ini kegiatan yang sama dilakukan di Pagal. Hari ini, Sabtu 20 Juli 2019, Ekopastoral Fransiskan Pagal kembali menerima peserta magang dari Fakultas Pertanian UNDANA-Kupang. Peserta magang itu berjumlah 18 orang dan mereka akan magang di Ekopastoral selama satu bulan ke depan. Mereka diantar oleh  dosen pembimbing, yakni Bapak Ir. Nikolaus S. Mereka tiba di kantor Ekopastoral sekitar pkl. 11.30.

Baca juga:
Para staf  Ekopastoral menyambut kedatangan peserta magang bersama dosennya dengan acara penyambutan khas Manggarai yakni acara kapu di kantor Ekopastoral. Setelah acara penyambutan, Bapak Ir. Nikolaus mewakili Kampus Faperta UNDANA secara resmi menyerahkan para peserta magang kepada Koordinator Umum Ekopastoral yakni Pater Andre Bisa. OFM. Bapak Ir. Nikolaus mengatakan “hasil presentasi dari mahasiswa/i UNDANA yang pernah magang di Ekopastoral sangat bagus. Maka, mereka mengharapkan agar peserta magang kali ini juga mendapat hal yang sama”.

Beberapa staf Ekopastoral Fransiskan berfoto bersama dosen pembimbing magang.

Sdr. Andre Bisa, OFM selaku Koordinator Umum Ekopastoral mengucapkan terimakasih banyak kepada para dosen UNDANA yang telah memilih Ekopastoral sebagai salah satu tempat magang bagi mahasiswa Fakultas Pertanian UNDANA. "Prinsip kerja dari Ekopastoral adalah membuka diri untuk bekerja sama dengan para petani atau semua orang yang berkehendak baik untuk menjaga dan merawat bumi rumah bersama bagi segenap makhluk melalui pertanian organik (pertanian berkelanjutan). Para petani atau calon petani harus bekerja demi menopang hidupnya tetapi kerja yang didasari oleh spirit persaudaraan semesta. Karena itu, semua kegiatan yang dijalankan di Ekopastoral bertujuan untuk merawat keutuhan ciptaan", sergah Andre.
Para staff Ekopastoral dan para peserta magang sedang melebur bersama dalam suasana bincang-bincang santai.

Selamat ber-magang! Mari kita kisahkan bersama cerita tentang semesta pertanian!

[Sdr. Abril Dos Santos, OFM]

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *