HEADLINE NEWS

Galeri Hortikultura (3) - Pembenihan dan Pembibitan

Aktivitas pembibitan dan pembenihan tanaman hortikultura yang dilakoni oleh para sahabat tani dari Faperta UNDANA Kupang bersama para fasilitator budidaya dari Ekopastoral Fransiskan dalam galeri ini sebetulnya hendak menunjukkan bahwa pertama, Indonesia sebagai negara tropis yang memiliki sinar matahari sepanjang tahun, memungkinkan sayuran untuk tumbuh sepanjang tahun juga. Kedua, fakta ini membuat upaya budidaya hortikultura semakin banyak dikembangkan. Selain karena kemungkinkan tumbuhnya yang tinggi di Indonesia, sayuran juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena manfaatnya yang tinggi.

Proses seleksi benih sebelum pembenihan dan pengokeran.

Tentu untuk memudahkan serta mensukseskan upaya budidaya, penting bagi para petani untuk mengetahui benih yang ingin dibudidaya serta teknik pembudidayaannya. Secara umum, teknik budidaya hortikultura apapun jenisnya hampir memiliki kesamaan. Benih yang baik yang dipilih memiliki tanda-tanda seperti, bebas dari hama dan penyakit, memiliki daya tumbuh yang tinggi, memiliki daya kecambah sekitar 80%, dan riwayat induknya sehat serta produktif.

Proses pengokeran dan pembenihan.

Berdasrkan jenis tanamannya, terdapat beberapa perlakuan sebelum bibit disemai ataupun yang langsung dapat disemai. Teknik pembibitan yang juga harus diperhatikan adalah kecukupan akan kebutuhan gizi tanaman. Di masa pembibitan, bibit membutuhkan asupan air yang cukup, pupuk yang cukup, dan pencegahan akan organisme pengganggu.

Proses pengokeran dan Pembenihan.

Agar memiliki pemahaman yang utuh terkait pembenihan dan pembibitan sebaiknya perlu demengerti terlebih dahulu kedua terminologi dalam budidaya hortikultura ini. Pembenihan merupakan suatu cara atau proses memperbanyak tanaman dengan menggunakan biji-biji yang telah dipilih atau diseleksi.

Proses pengokeran dan pembenihan.

Sementara pembibitan merupakan suatu cara atau proses memperbanyak tanaman dengan menggunakan stek / batang dan daun, menanam benih untuk menjadi anakan atau cara vegetatif lainnya.

[AB]

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *