HEADLINE NEWS

Galeri Hortikultura (4) - Sistem & Pola Tanam Secara Organik Sebagai Penentu Keberhasilan Sekaligus Sebagai Alternatif Pengendalian Hama & Penyakit Tanaman Secara Alami

Bagaimana di daerah kita? Apakah saudara-saudari petani biasa menanam hortikultura di lahan luas dengan satu jenis tanaman saja, ataukah menanam bermacam-macam tanaman di lahan yang sama? Dalam galeri keempat perihal sistem dan pola tanam ini, para sahabat tani dari Faperta UNDANA Kupang bersama para fasilitator budidaya dari Ekopastoral Fransiskan memerlihatkan suatu sistem dan pola tanam yang di satu sisi mendatangkan keuntungan berlipat ganda tetapi di sisi lain sebagai strategi untuk menghalau hama dan penyakit tanaman secara alamiah.

Animasi perihal sistem dan pola tanam.

Filosofi budidaya yang hendak dikatakan dalam sistem dan pola tanam ini adalah "Dont put all your eggs in one basket!" Menanam bermacam-macam tanaman membantu untuk mengurangi jumlah penyakit dan hama yang menyerang tanaman. Kebanyakan hama dan penyakit hanya menyerang tanaman-tamanan tertentu, dan menular lebih cepat jika lahan luas ditanami satu jenis tanaman saja. Kalau petani menanam di areal yang lebih kecil atau barisan dengan mencampur tanaman  (tumpang sari), hama tidak begitu mudah menyebar dan merusak tanaman.

Penerapan sistem dan pola tanam yang lazim dilakukan di Ekopastoral Fransiskan.

Menaman bermacam-macam tanaman juga membantu menjaga keseimbangan unsur hara dalam tanah. Misalnya ada tanaman seperti jagung yang banyak mengambil nitrogen dari tanah. Ada tanaman lain, seperti kacang-kacangan, yang menambah nitrogen dalam tanah. Jika jagung ditaman bersama dengan jenis kacang-kacangan, unsur hara nitrogen tidak menghilang dari tanah.

Areal Lahan Kering Ekopastoral Fransiskan, [Budidaya Hortikultura Secara Organik].

Berikut ini GALERI SPESIAL SISTEM & POLA TANAM:

1. Animasi: Sistem & Pola Tanam

2. Proses Budidaya

3. Proses Budidaya

4. Proses Budidaya

5. Proses Budidaya

6. Proses Budidaya

7. Proses Budidaya

8. Proses Budidaya

9. Proses Budidaya

10. Proses Budidaya

11. Proses Budidaya

12. Proses Budidaya

13. Proses Budidaya

14. Proses Budidaya

15. Proses Budidaya

16. Proses Budidaya

17. Sanitasi dan Perawatan Lahan

18. Sanitasi dan Perawatan Lahan


[AB]

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *