HEADLINE NEWS

Galeri Hortikultura (5) Pemupukan

Lazimnya seusai pengolahan lahan segera disusul dengan pemberian pupuk dasar, yakni upaya memberi makan bagi tanah dan selanjutnya tanah menyediakan makanan untuk tanaman. Khusus untuk lahan kering yang menggunakan sistem bedengan, setelah disebar pupuk dicampur dengan tanah hingga merata. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesuburan tanah.


Dalam galeri kelima dari budidaya ini, para sahabat tani dari Faperta UNDANA Kupang bersama tim fasilitator budidaya dari Ekopastoral Fransiskan memerlihatkan cara-cara pemupukan.
  • Pemupukan awal merupakan pemupukan yang dilakukan pada saat pengolahan atau sebelum tanam. Pada pemupukan awal ini lebih banyak mengandung unsur NPK (dan unsur-unsur lain), misalnya: kompos, bokashi, serasahan tanaman (sisa tanaman). Ini adalah pupuk dasar, pupuk yang unsur haranya lengkap.

  • Pemupukan susulan merupakan pemupukan yang dilakukan pada masa vegetatif dan reproduksi. Pada pemupukan susulan ini, lebih banyak melihat perkembangan atau pertumbuhan tanaman bila mengalami kekurangan unsur hara, diberi jenis pupuk yang dapat memenuhi kekurangan unsur hara tersebut. Tujuannya adalah untuk memacu pertumbuhan tanaman.  


[AB]

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *