HEADLINE NEWS

Mengubah Kotoran Sapi Jadi BOKASHI


Dari semua kotoran, tampaknya kotoran sapi boleh disebut "kotoran elit" karena merupakan pupuk istimewa yang paling dicari. Ya, bila diamati secara saksama, hampir seluruh bagian tubuh sapi dapat dimanfaatkan oleh manusia, tak terkecuali kotorannya. Sebagaimana diketahui, kotoran sapi sangat bermanfaat dan baik untuk tanaman.

Baca juga:
Menyebut kata kotoran, termasuk kotoran sapi, pikiran kita langsung tertuju pada rasa bau yang tidak sedap, menjijikan, sehingga selalu berupaya menjauhinya. Namun, apakah kotoran hewan itu selalu dihindari karena baunya yang tidak sedap dan menjijikan? Tentu tidak.


Dengan perkembangan teknologi dan kekuatan daya kreatif dan inovatif manusia, kotoran hewan dalam arti tertentu dapat menjadi barang yang bernilai ekonomi tinggi, karena dibutuhkan oleh setiap petani untuk menyuburkan tanah pertanian. Dengan memanfaatkan sumber daya yang ada secara maksimal, kita dapat memperoleh banyak keuntungan dari sekadar kotoran sapi untuk kesejahteraan masyarakat tani kebanyakan.

Melalui galeri ini, para staf Ekopastoral Fransiskan bersama para mahasiswa Fakultas Pertanian UNDANA Kupang menyajikan aksi pemanfaatan kotoran sapi sebagai bahan baku pembuatan pupuk BOKASHI. Selama kurang lebih 19 tahun, Ekopastoral Fransiskan tetap eksis memanfaatkan kotoran sapi sebagai bahan baku pembuatan pupuk BOKASHI. Adapun pupuk BOKASHI yang diproduksi di Ekopastoral, selain dipakai sendiri, juga dibeli untuk digunakan oleh masyarakat tani dengan harga yang amat terjangkau. Mari manfaatkan kotoran sapi untuk pupuk BOKASHI.

Berikut ini galeri pemanfaatan kotoran sapi untuk pupuk BOKASHI:

1. Pengumpulan kotoran sapi


2. Pengumpulan kotoran sapi


3. Pengumpulan kotoran sapi


4. Pengumpulan kotoran sapi


5. Pengumpulan kotoran sapi


6. Pengumpulan kotoran sapi


7. Pengumpulan kotoran sapi


8. Pengumpulan kotoran sapi


9. Pengumpulan kotoran sapi


10. Pengumpulan kotoran sapi


[AB]

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *