HEADLINE NEWS

Pertanian Organik Dalam Formasi Postulat OFM Pagal


Pertama, "dalam alam pikiran masyarakat Barat, bukan tanpa alasan penyebutan kata agri dan culture untuk pertanian. Kedua, bagi Indonesia, sungguh banyak simbol-simbol kebudayaan yang dikaitkan atau terinspirasi oleh pertanian. Jelaslah bahwa kebudayaan pertanian adalah pilar utama peradaban semua bangsa di dunia. Perkembangan pandangan, pola pikir, dan perilaku manusia terkait pertanian menjadi cermin proses evolusi peradaban itu. Ketiga, bagi seorang Saudara Dina (Fransiskan), seturut nasehat Fransiskus Assisi, para saudara perlu mencegah diri dari kemalasan yang merupakan musuh jiwa dengan kerja tangan",  demikian seruan animatif Bruder Latief,OFM (Pegampu Mata Ajar Pertanian Organik Postulat OFM Pagal) saat pelatihan pembuatan pupuk organik Bokashi bagi para postulan OFM, Sabtu, 21 September 2019.
Adapun kegiatan pelatihan pembuatan pupuk organik bagi para Postulan OFM ini, merupakan bagian dari kurikulum mata ajar Pertanian Organik (PO). Pengampu mata ajar PO, yakni Bruder Latif, OFM dalam kesempatan pelatihan tersebut melibatkan para staf Ekopastoral Fransiskan. Selain menganimasi para postulan terkait korelasi antara pertanian dan kebudayaan, Latif (sapaan akrabnya) menjumpakan para postulan OFM dengan spirit kerja tangan sebagaimana termaktub dalam Anggaran Dasar dengan Bula, Pasal IV perihal Cara Bekerja:
(1) Saudara-saudara yang diberi karunia oleh Tuhan untuk bekerja, hendaklah bekerja dengan setia dan bakti; (2) sedemikian rupa, sehingga mereka, sambil mencegah diri dari sikap bermalas-malasan yang merupakan musuh jiwa, tidak memadamkan semangat doa dan kebaktian suci, yang kepadanya harus diabdikan hal-hal lainnya yang duniawi. (3) Sebagai upah kerja, mereka hendaknya menerima apa yang merupakan kebutuhan hidup, baik bagi diri sendiri maupun bagi saudara-saudaranya, kecuali uang, berbentuk apa pun; (4) itupun harus dengan sikap rendah, seperi seharusnya bagi hamba-hamba Allah dan penganut kemiskinan tersuci. 
Sebagai dokumentasi dari aktivitas kerja tangan tersebut, berikut galeri kegiatan: 
1. Perajaman Batang Pisang 


2. Perajaman Batang Pisang


3. Perajaman Daun-daun hijau


4. Perajaman Daun-daun hijau


5. Perajaman jerami padi


6. Pencampuran hasil rajaman


7. Pencampuran bahan-bahan 


8. Pencampuran dan perecikan EM


9. Perecikan EM demi proses fermentasi


10. Proses fermentasi



(AB)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *