HEADLINE NEWS

Hidup Santai Mati Slow [Galeri Jelajah Alam]

Panorama Pulau Padar, Labuan Bajo
”Hidup adalah Tantangan. Hadapilah!
Hidup adalah Keindahan. Kagumilah!
Hidup adalah Sengsara. Menangislah!
Hidup adalah Tugas. Tekunilah!
Hidup adalah Misteri. Takjublah!
Hidup adalah Impian. Wujudkanlah!
Hidup adalah Perlombaan. Menangkanlah!
Hidup adalah Janji. Penuhilah!
Hidup adalah Teka-teki. Jawablah!
Hidup adalah Perjalanan Peziarahan. Tempulah! [Anonim].

Panorama Pulau Rinca
Galeri yang disuguhkan ini merupakan potret perjalanan jelajah alam yang dilakukan oleh Ekopastoral Fransiskan di penghujung tahun 2019. Tepatnya pada tanggal 16 -17 Desember, rombongan Ekopastoral Fransiskan melakukan perjalanan laut menyinggahi tiga pulau eksotik di Labuan Bajo yakni, Pulau Padar, Pulau Rinca dan Pulau Kelor. Masing-masing pulau yang disinggahi tentunya memiliki keunikan yang tak ada duanya untuk disandingkan. Rasa takjub dan takzim atas pulau-pulau tersebut terkait keindahan, kekokohan sekaligus juga kerapuhannya membangkitkan refleksi tentang hidup. Bahwasanya hidup itu anugerah dari Yang Kuasa. Akan tetapi acapkali, hidup itu terasa sulit, karena kitalah yang membuatnya rumit, mengikuti gaya hidup agar terlihat update, merasa gengsi, dan ingin terlihat keren di mata orang lain, bahkan suatu gaya hidup yang sama sekali tidak kita butuhkan, atau sama sekali tidak mampu untuk dihidupi tetapi masih tegar tengkuk dipertahankan. Dengan kata lain, hidup ini sebenarnya sederhana, hanya saja kita yang merumitkannya.

Inilah galeri kami dalam ekspedisi jelajah tiga pulau tersebut:

1. Abaikan Perkatataan Orang Lain Yang Tak Penting.

”Biarkan saja orang lain sibuk mengurusi kita, namun anak cucu kita kelak akan tertawa bangga dengan masa muda kita yang merindu pada keheningan alam".


2. Alam Tak Membahayakan Namun Mengelokkan.

"Perjalanan mungkin akan membawamu pada kesepian, kelelahan dan bahaya. Namun perjalanan juga akan membawamu pula pada keelokan yang hakiki".


3. Megahnya Bumi Kita.

"Jika kamu belum pernah terdampar pada sebuah lembah rimbun, itu tandanya kamu belum pernah melihat bagaimana megahnya bumi yang kau injak".


4. Alam Memberitahukan Kepada Hakikat Hidup Yang Sesungguhnya.

"Alam Merupakan guru terbaik, karena setiap adegan petualangan pasti akan mengajarkan ilmu yang sangat berharga untuk kita".


5. Bagaimana Kegunaan Bumi Sesungguhnya?

"Bumi akan selalu mencukupi kebutuhan semua manusia, namun tidak untuk memenuhi keserakahan satu manusia".


6. Adakah Yang Lebih Pintar Dari Alam?

"Alam telah hidup sejak jutaan ribu tahun lalu, sehingga ia sudah cukup bijaksana untuk mengajarkan kamu berbagai kehidupan melebihi orang yang kau anggap pintar".


7. Agar Tak Gagal Dengan Alam.

”Agar hidupmu tak gagal jika dekat alam, maka makan dan tidurlah pada pelukannya".


8. Tuhan-lah Sang Pencipta Yang Hakiki.

"Tuhan telah menciptakan bagian-bagian bumi dengan sangat indahnya. Jangan ragu! Jelajalah setiap bagiannya, maka niscaya kamu akan memperoleh ketenangan hati darinya".


9. Alam Bukan Hanya Sekadar obat.

”Alam tak hanya sekadar obat yang mampu menghilangkan setiap kesedihan atas luka hati, namun ia juga mampu memberikan kesejukan sepanjang masa".


10. Alam Akan Memberikanmu Penghargaan Nyata.

"Sekecil apapun langkah yang kau lakukan dengan alam, setiap langkah itu juga alam akan memberikannmu penghargaan indah yang tak mampu diberikan seseorang".


11. Pencipta Adalah Tujuan.

"Banyaknya langkah dalam perjalananmu, akan menentukan seberapa kenikmatan yang akan kau dapatkan. Sebab, kenikmatan akan ditentukan oleh siapa yang menjadi tujuannya, dan tujuan yang hakiki adalah sang Pencipta".


12. Alam Adalah Ibu

"Alam merupakan ibu bagi setiap orang, karena ia mampu menjadi sekolah yang mengajarkan anak-anaknya tentang berbagai kehidupan untuk memberikan semangat baru".


[AB]

Newest
You are reading the newest post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *