HEADLINE NEWS

On April 29, 2019

Ekopastoral Fransiskan adalah pelayanan pastoral kategorial yang bekerja dengan dan untuk masyarakat petani, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan petani dan melindungi keutuhan ciptaan. Sejak 1999, Para Saudara Dina terlibat dalam memberdayakan petani / masyarakat desa di Kabupaten Manggarai, Flores, NTT.


Pada mulanya, para Fransiskan merasa prihatin melihat akibat dari sistem pertanian konvensional yang menggunakan bahan-bahan kimia dengan dampak negatif bagi kesehatan, lingkungan dan kesejahteraan petani, dan karenanya berupaya menawarkan sistem Pertanian Organik (PO) sebagai sistem pertanian alternatif.

Secara etimologis, eko-pastoral (eko: oikos- rumah/tempat tinggal; pastoral: pastor- gembala/penggembalaan) – merupakan sebuah reksa pastoral penggembalaan umat dalam semangat keutuhan ciptaan. Spirit pastoral keutuhan ciptaan yang digemakan oleh Ekopastoral Fransiskan bersumber dari mandat Ilahi, yakni, “beritakanlah Injil kepada segala makhluk” (Mrk. 16:15) dan spirit persaudaraan semesta Santo Fransiskus Assisi yang melihat segenap ciptaan sebagai saudara dan saudari.

Dengan demikian, Ekopastoral Fransiskan dalam dan melalui pelayanan serta kesaksian berupaya untuk  memajukan usaha pertanian yang berkelanjutan dengan merangkul kearifan lokal demi terwujudnya persaudaraan semesta dan keutuhan ciptaan.

Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *